SOAL SMP IPA-BIOLOGI
STANDAR
KETUNTASAN LULUSAN
|
INDIKATOR
|
NO
|
SOAL,
KUNCI JAWABAN DAN PEMBAHASAN
|
||||||||||||||||||||||||
Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari, serta
pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan
|
Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan
lingkungannya
|
1.
|
Terlalu banyak
mengkonsumsi makanan yang mengandung pewarna buatan
A. pesimis
B hiperaktif
C hipertensi
D autism
Pembahasan: zat pewarna
makanan sintesis akan menyebabkan hiperaktif dengan tanda-tanda aktif berlebihan,
impulsive dan kurang memerhatikan
Kunci jawaban: B
|
||||||||||||||||||||||||
Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta
pengaruhnya bagi tubuh manusia
|
2.
|
Pengguna ekstasi sering
merasa sangat kehausan karena obat terlarang ini dapat menimbulkan…
A hipertensi
B dehidrasi
C hipotensi
D anemia
Pembahasan: efek negatip
ekstasi yang segera dirasakan oleh pemakainya adalah merasa haus yang amat
sangat, hal ini disebabkan ekstasi menyebabkan seseorang dapat menggunakan
tenaga yang lebih besar dari kapasitas tubuh normal, akibatnya yang
bersangkutan mengalami dehidrasi dan minum yang sangat berlebihan.
Kunci jawaban: B
|
|||||||||||||||||||||||||
Mendekripsikan ciri-ciri
dan keanekaragaman makhulk hidup serta pentingnya pelestarian makhluk hidup
dalam kehidupan
|
mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup.
|
3.
|
Perhatikan gambar berikut ini.
Gambar di atas menunjukkan salah satu cirri makhluk hidup yaitu
A.
Melakukan pernapasan
B.
Membuang sisa metabolisme
C.
Membuat zat makanan
D.
Tumbuh dan berkembang
Pembahasan:
gambar di atas menampakkan kecambah yang sedang
tumbuh dan berkembang.
Kunci
Jawaban: D
|
||||||||||||||||||||||||
Mengelompokkan
makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya
|
4.
|
Perhatikan gambar hewan di bawah ini
Hewan pada gambar di atas
satu kelompok dengan hewan berikut ini.
A
B
C D
Pembahasan:
gambar di atas adalah paus, yang merupakan anggota
mamalia, maka paus satu kelompok dengan kelelawar yang juga anggota kelompok
mamalia.
Kunci
Jawaban: B
|
|||||||||||||||||||||||||
Mendeskripsikan komponen
ekosistem, interaksi
antarmakhluk hidup dalamlingkungan,
serta peran manusia
dalampengelolaan lingkungan.
|
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam
ekosistem.
|
5.
|
Perhatikan jarring makanan
berikut ini
Organisme yang
berkompetisi dengan kelinci adalah…
A. kambing
B. tikus
C. singa
D. harimau
Pembahasan:
kompetisi antar organisme biasanya terjadi karena
memperebutkan sumber makanan yang sama. Kelinci dan kambing merupakan
organisme yang saling berkompetisi karena sama-sama herbivor
Kunci
Jawaban: A
|
||||||||||||||||||||||||
Menjelaskan cara atau tindakan untuk mengatasi
pencemaran dan kerusakan lingkungan.
|
6.
|
Pencemaran yang ditimbulkan oleh limbah industri
dapat diperkecil dengan cara…
A. Melakukan reboisasi pada tanah kosong
B. Mengolah limbah sebelum dibuang
C. Menambahkan bahan kimia pada limbah
D. Menambahkan arang aktif pada limbah
Pembahasan:mengolah limbah sebelum dibuang ke lingkungan
merupakan salah satu tindakan pencegahan pencemaran pada lingkungan karena
zat-zat yang berbahaya pada limbah menjadi berkurang/hilang selama proses
pengolahan
Kunci
Jawaban: B
|
|||||||||||||||||||||||||
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi
manusia dengan lingkungan.
|
7.
|
Pertambahan populasi manusia yang tidak terkendali
akan berakibat….
A. Sumber daya manusia semakin berkualitas
B. Sumber daya alam semakin bertambah
C. Sumber daya alam semakin berkurang
D. Lahan pertanian semakin bertambah
Pembahasan:
kepadatan populasi manusia yang tinggi akan
mengakibatkan berkurangnya sumber daya alam karena penggunaan sumber daya alam
yang tinggi yang melampaui daya dukung alam itu sendiri.
Kunci Jawaban:
C
|
|||||||||||||||||||||||||
|
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia.
|
8.
|
Berikut ini adalah skema jalur beredarnya darah yang
betul pada tubuh manusia.
B
C
D
Pembahasan:
jalur beredarnya darah di
tubuh kita adalah pada saat darah dari seluruh tubuh masuk serambi kanan,
darah dari paru-paru juga masuk serambi kiri. Lalu bersamaan darah dari
serambi (kanan dan kiri) masuk ke bilik masing-masing belahan (dari serambi
kanan masuk bilik kanan, bersamaan dengan darah dari serambi kiri masuk bilik
kiri), lalu darah dari bilik keluar bersama-sama namun menuju ke tempat yang
berbeda. Darah dari bilik kanan menuju paru-paru dan darah dari bilik kiri
menuju seluruh tubuh.
Kunci
Jawaban: B
|
||||||||||||||||||||||||
|
Menjelaskan proses pencernaan makanan dan
enzim-enzim yang berperan pada proses tersebut.
|
9.
|
Pernyataan berikut ini yang merupakan pencernaan makanan secara kimiawi
adalah…
A. pengubahan ukuran partikel makanan dari besar menjadi kecil
B. pencernaan makanan yang mengandalkan gerakan meremas dinding lambung
C. pencernaan makanan dengan bantuan gigi yang terdapat di rongga mulut
D. pengubahan zat tepung menjadi zat gula yang lebih sederhana
Pembahasan: pencernaan makanan secara kimiawi adalah pencernaan makanan
dengan bantuan enzim-enzim pencernaan yang mengubah senyawa kimia makanan
dari kompleks menjadi senyawa kimia yang lebih sederhana, misalnya pengubahan
zat tepung menjadi zat gula sederhana (glukosa)
Kunci jawaban; D
|
||||||||||||||||||||||||
|
Menjelaskan
sistem pernafasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya
|
10.
|
Pernapasan
yang mengandalkan kontraksi dan relaksasinya otot-otot antar tulang rusuk
disebut pernapasan….
A. perut
B. dalam
C. dada
D. luar
Pembahasan:
pernapasan dada mengandalkan kontraksi dan relaksasinya otot-otot antar
tulang rusuk. Pada saat otot antar tulang rusuk berkontraksi, tulang rusuk
akan terangkat, tulang dada maju ke depan, dengan demikian rongga dada akan
membesar, tekanan udara di dalamnya akan mengecil, udara luar akan masuk
paru-paru. Sebaliknya pada saat otot antar tulang rusuk relaksasi, tulang
rusuk kembali turun, tulang dada ke belakang, akibatnya rongga dada mengecil,
tekanan udara di dalam rongga dada membesar dan menekan kuat paru-paru, maka
udara dari paru-paru akan keluar
Kunci jawaban:
C
|
||||||||||||||||||||||||
|
Menjelaskan bagian dan fungsi alat gerak pada
sistem gerak manusia.
|
11.
|
Sendi mati terdapat pada bagian tubuh berikut ini…
A.
Pergelangan tangan
B.
Tengkorak
C.
Telapak kaki
D.
Ruas-ruas tulang belakang
Pembahasan:
sendi mati adalah sendi/sambungan antar tulang yang
tidak memungkinkan tulang tersebut bergerak.
kunci
Jawaban: B
|
||||||||||||||||||||||||
Menjelaskan bagian dan fungsi alat gerak pada
sistem gerak manusia.
Menjelaskan proses pencernaan makanan dan
enzim-enzim yang berperan pada proses
tersebut.
Menjelaskan sistem peredaran darah pada
manusia.
Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal).
|
Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal).
|
12.
|
Perhatikan gambar di
bawah ini. Proses yang terjadi di C adalah…
A. filtrasi
B. reabsorpsi
C augmentasi
D ekskresi
Pembahasan:ginjal berperan dalam proses
pembentukan urin. Pembentukan urin melalui serangkaian proses yang panjang
dan tahap-tahap tertentu, yaitu sebagai berikut.
1)Filtrasi, terjadi penyaringan zat beracun yang terjadi di badan malpighi (terjadi di A) 2)Reabsorbsi, penyerapan kembali zat-zat yang masih digunakan oleh tubuh, antara lain glukosa, asam amino, dan air (terjadi di B) 3)Augmentasi, yaitu penyerapan air dan penambahan zat-zat seperti ion H+ , K+ , kreatinin dan urea dalam urin sehingga urin hanya berisi zat-zat yang benar-benar sudah tidak berguna lagi (terjadi di C)
Kunci jawaban: C
|
||||||||||||||||||||||||
Menjelaskan sistem saraf pada manusia.
|
13.
|
Sistem saraf simpatik dan parasimpatik
merupakan bagian dari….
A. Sistem saraf pusat
B. Sistem saraf tepi
C. Sistem saraf sadar
D. Sistem saraf tak
sadar
Pembahasan: skema sistem saraf pada tubuh kita adalah seperti berikut ini.
(saraf spinal)
(simpatik dan parasimpatik)
Kunci
Jawaban: D
|
|||||||||||||||||||||||||
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ
pada tumbuhan.
|
14.
|
Perhatikan gambar penampang batang dikotil berikut ini. Bagian yang merupakan
tempat terjadinya transportasi
air dan garam mineral dari tanah ke tumbuhan
adalah…
A.
A dan B
B
C dan E
C.
B dan C
D
C dan D
Pembahasan: transportasi air dan garam mineral dari tanah ke tubuh tumbuhan terjadi pada silem dan pada gambar di atas adalah struktur C dan E
Kunci
Jawaban: B
|
|||||||||||||||||||||||||
Menjelaskan respon tumbuhan terhadap pengaruh
lingkungan luar
|
15.
|
Kecambah di pot A hasil penumbuhan di tempat terang,
sedangkan kecambah di pot B hasil penumbuhan di tempat gelap. Pernyataan yang
benar terkait respon perkecambahan terhadap cahaya adalah…
A. pada tempat terang terbentuk sedikit klorofil
B. pada tempat gelap terbentuk banyak klorofil
C. pada tempat terang terbentuk banyak auksin
D. pada tempat gelap terbentuk banyak auksin
Pembahasan: pembentukan auksin dihambat oleh adanya
cahaya. Auksin diperlukan untuk pemanjangan sel pada tumbuhan, oleh sebab itu
kecambah di tempat gelap lebih panjang daripada kecambah yang tumbuh di
tempat terang.
Kunci Jawaban:
D
|
|||||||||||||||||||||||||
Menjelaskan proses fotosintesis berdasarkan
percobaan tentang proses tersebut.
|
16.
|
Suatu percobaan fotosintesis memberikan hasil seperti pada gambar di
bawah ini, setelah dilakukan penetesan
dengan larutan lugol.
Kesimpulan yang tepat tentang hasil di atas adalah
A. fotosintesis menghasilkan oksigen
B. fotosintesis menghasilkan uap air
C. fotosintesis menghasilkan amilum
D. fotosintesis menghasilkan karbondioksida
Pembahasan:munculnya warna hitam setelah ditetesi lugol
pada daun yang tidak ditutup dengan kertas timah menandakan bahwa pada proses
fotosintesis dihasilkan amilum. Amilum memunculkan warna hitam pada saat
bereaksi dengan lugol.
Kunci Jawaban: C |
|||||||||||||||||||||||||
Mengaplikasikan konsep
pertumbuhan dan
perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan,
teknologi dan masyarakat.
|
Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan
|
17.
|
Seorang ahli biologi
mengadakan percobaan menumbuhkan ikan nila.ikan-ikan tersebut
diberi pakan dalam jumlah yang sama tetapi dari jenis pakan yang berbeda.
Setelah 3 bulan dilakukan pengamatan terhadap biomassa ikan dan hasilnya
seperti pada Tabel berikut ini.
Tabel 1. Biomassa ikan setelah pemeliharaan selama 3
bulan dengan ransum pakan berbeda
Kesimpulan yang paling mungkin berdasarkan data di atas
adalah bahwa ...
A. pakan A lebih mahal daripada pakan B
B. pakan A lebih enak daripada pakan B
C. pakan A memicu pertumbuhan lebih cepat
D. pakan B tidak cocok untuk ikan
Pembahasan: kecepatan pertumbuhan pada ikan diindikasikan oleh
kecepatan pertambahan berat badannya, untuk terjadinya pertumbuhan yang cepat
diperlukan makanan dalam jumlah cukup dan gizinya memenuhi kebutuhan ikan.
Kunci Jawaban C
|
||||||||||||||||||||||||
Memberi
contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan mahluk hidup
|
18.
|
Perhatikan
gambar di bawah ini.
Dalam jangka
waktu yang lama pada daerah yang bersih populasi kupu-kupu terang akan lebih
banyak daripada kupu-kupu warna gelap dan sebaliknya dengan daerah yang
terpolusi, lebih banyak memiliki kupu-kupu warna gelap. Berikut ini adalah
penjelasan
yang paling mungkin pada fakta tersebut....
A.
pada daerah terpolusi kupu-kupu terang berubah
menjadi gelap
B.
pada daerah bersih kupu-kupu gelap berubah menjadi
terang.
C.
Pada daerah bersih kupu-kupu gelap banyak dimakan
pemangsa
D.
Kupu-kupu gelap tidak disukai pemangsa karena tidak
lezat
Pembahasan:Teori
Daarwin dikenal dengan teori seleksi alam yang menyatakan bahwa perubahan
populasi makhluk hidup (evolusi) karena adanya seleksi alam. Kupu-kupu terang di daerah terpolusi tampak dan kupu-kupu gelap di
daerah bersih tampak mencolok sehingga banyak ditangkap pemangsa.
Kunci
Jawaban: C
|
|||||||||||||||||||||||||
Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan
hukum Mendel.
|
19.
|
Persilangan
antara tumbuhan berbunga merah dengan tumbuhan berbunga putih menghasilkan
keturunan F1 yang 100% bunganya berwarna merah muda. Jika F1 disilangkan
dengan sesamanya, maka kemungkinan keturunan F2 adalah....
A. 100%
berbunga merah
B. 75%
berbunga merah
C. 50%
berbunga merah muda
D. 100% berbunga putih
Pembahasan: jika F1 100% berbunga merah muda, itu menendakan bahwa terjadi fenomena
internediet/dominansi tidak penuh. Maka bagan persilangannya adalah seperti berikut
ini.
Kunci Jawaban:
C
|
|||||||||||||||||||||||||
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk
kehidupan.
|
20.
|
Di bawah ini adalah jasad renik yang lazim
digunakan dalam proses pembuatan tempe dari kedelai.
A.
kapang amilolitik
B.
Saccharomyces
cerevisiae
C.
Rhizopus oligosporus
D.
Acetobacter xylinum
E.
Pembahasan:
dalam proses pembuatan
tempe jasad renik yang digunakan adalah kapang proteolitik seperti Rhizopus oligosporus dan Rhizopus oryzae
Kunci
Jawaban: C
|
0 komentar:
Posting Komentar