Sabtu, 14 April 2012


SKL     : Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
INDIKATOR   :    Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup.
INDIKATOR SOAL    :  Disajikan data, peserta didik dapat mengurutkan pertumbuhan dan perkembangan pada katak                   
37.    Perhatikan data berikut !
1.      berudu
2.      katak dewasa
3.      telur
4.      katak berekor/muda
proses pertumbuhan dan perkembangan pada katak yang tepat adalah... .
A.     3-2-1-4
B.     3-4-2-1
C.     3-1-4-2
D.     3-1-2-4

SKL     : Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
INDIKATOR: Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
INDIKATOR SOAL : Peserta didik dapat menentukan contoh adaptasi fisiologi.
38.    Adaptasi fisiologi mahluk hidup dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya terdapat pada contoh berikut... .
A.       cumi-cumi mengeluarkan cairan hitam untuk menghindari musuhnya.
B.        proses penguapan pada kaktus terjadi melalui ujung durinya.
C.       saluran pencernaan sapi yang menghasilkan enzim selullase.
D.       lumba-lumba yang selalu muncul secara berkala ke permukaan air.


SKL     : Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
INDIKATOR: Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
INDIKATOR SOAL : Peserta didik dapat menentukan hasil persilangan dihibrda.

39.    Pada persilangan dihibrida, jeruk berbuah manis kecil (MMbb) disilangkan dengan jeruk berbuah masam besar (mmBB) menghasilkan F1 dengan fenotif berbuah manis besar (MmBb). Jika sifat manis dominan terhadap masam dan besar dominan terhadap kecil, maka ketika F1 disilangkan dengan sesamanya, perbandingan fenotif pada F2 untuk sifat manis kecil adalah... .
A.       12/16
B.       9/16
C.       3/16
D.       1/16

SKL     : Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
INDIKATOR: Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.
INDIKATOR SOAL : Disajikan data, peserta didik dapat menentukan mikroba yang berperan dalam pembuatan keju.

40.    Perhatikan daftar mikroba berikut!
1.      Lactobacillus casei
2.      Aspergillus wentii
3.      Lactobacillus bulgaricus
4.      Rhizopus oryzae
mikroba yang berperan dalam pembuatan keju adalah... .
A.     1 dan 2
B.     1 dan 3
C.     2 dan 3
D.     2 dan 4

1.      Mengkonsumsi Monosodium Glutamat (MSG)secara berlebihan dapat berakibat pada gagguan Chinese Restaurant Syndrome yang ditandai dengan...
A. Kepala pusing,kulit kering dan ruas-ruas sendi terasa kaku
B. Dada terasa panas dan nafas terasa sesak,disertai pusing pusing
C. Tekaanan darah naik,detak jantung meningkat dan perut mual
D. Tekanan darah menurun,perut mual dan detak jantung melemah
2. Pengaruh fisik terhadap penggunaan zat psikotropika adalah...
            A. Cepat marah,gigi kuning keropos,tekanan darah naik
            B. Detak jantung cepat,selalu curiga dan gelisa tak tenang
            C. Pembuluh darah menyempit,pupil mata mengecil dan gigi keropos
            D. Terlalu semangat,bertindak irasional,tulang cepat rapuh
3. Perhatikan ciri ciri berikut!
            1. Jumlah stomata banyak
            2. Memiliki daun yang lebar
            3. Lingkungan dengan kandungan air diudara tinggi
   Kelompok tumbuhan yang memiliki ciri seperti ditunjukkan diatas adalah...
            A.Tropofit
            B. Xerofit
            C. Hidrofit
            D. Higrofit
4. Perhatikan ciri ciri berikut !
            1. Berdarah dingin
            2. Bergerak dengan cara melata
            3. Bernafas dengan faring dan kloaka
            4. Berkembang biak dengan bertelur
   Ciri ciri tersebut diatas merupakan ciri ciri dari spesies...
A.Reptil
B.Amphibi
C.Aves
D.Mamalia
SK 7 : Mendeskripsikan  komponen ekosistem, interaksi antar mahkluk hidup  dalam lingkungan , serta peran manusia  dalam pengelolaan lingkungan.
Indikator : Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan / kasus.
Indikator soal : Diberikan pernyataan , siswa dapat menentukan salah satu dampak dari kepadatan populasi manusia terhadap kualitas lingkungan.
No Soal : 7
Butir Soal : Berdasarkan hasil sensus penduduk dari tahun ketahun penduduk dunia terus mengalami peningkatan. Salah satu dampak dari kepadatan polulasi penduduk terhadap kualitas lingkungan adalah….
a.       Udara bersih (oksigen) semakin sulit diperoleh
b.      Muncul berbagai macam penyakit menular
c.       Tingginya angka kriminalitas
d.      Tingginya angka putus sekolah.
Kunci jawaban : A
SK 8 : Menjelaskan system organ pada manusia
Indikator : Menjelaskan system peredaran darah  pada manusia /penyakit yang berhubungan dengannya.
Indikator soal : Disajikan gambar sel darah manusia, siswa dapat menentukan  sel darah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ( O2 ).
No soal : 8
8.      Bagian sel darah yang berfungsi untuk mengangkut  (O2) oksigen ditunjukkan oleh gambar….

                A.                                   C.   


A.                               D.    

Kunci jawaban : C




SK: Mendeskripsikan  komponen ekosistem, interaksi antar mahkluk hidup  dalam lingkungan , serta peran manusia  dalam pengelolaan lingkungan.

Indikator soal: di sajikan soal, peserta didik dapat mengetahui upaya pelestarian sumber daya alam hayati
Soal: usaha yang paling tepat untuk mengkonservasi Badak Jawa adalah……
  1. Penangkaran badak jawa di pusat penelitian
  2. Memelihara di kebun binatang
  3. Pemeliharaan in situ
  4. Pemeliharaan ek situ
Jawaban  C  Pemeliharaan in situ









SK: Mendeskripsikan  komponen ekosistem, interaksi antar mahkluk hidup  dalam lingkungan , serta peran manusia  dalam pengelolaan lingkungan.

Indicator soal : disajikan diagram jarring makanan peserta didik dapat menentukan akibat yng terjadi bila salah satu komponen mengalami kepunahan
Soal :  perhatihan diagram jarring makanan berikut!

                                                            TIKUS                                    ULAR
                        RUMPUT                                                                                           BURUNG ELANG
                                                            KELINCI                   ULAR

Kemungkinan yang akan terjadi jika populasi ular di basmi oleh petani untuk di ambil kulitnya maka……
  1. Populasi tikus meningkat,populasi rumput menurun
  2. Poulasi tikus menurun,populasi burubg elang meningkat
  3. Populasi kelinci menurun, populasi rumput meningkat
  4. Populasi kelinci meningkat, populasi burung elang meningkat
Jawaban  :A

0 komentar:

Posting Komentar