NO
|
INDIKATOR
|
KUNCI JAWABAN
|
SOAL
|
||||||||||||||||||||||
1
|
Menjelaskan
bahan kimia dan dampaknya bagi tubuh manusia dan lingkungannya
|
B
|
Dampak negatif
penggunaan obat pembasmi serangga secara berlebihan bagi lingkungan adalah....
a.
Keanekaragaman spesies
semakin meningkat
b.
Kematian organisme yang bermanfaat
bagi manusia
c.
Menyuburkan pertumbuhan eceng
gondok di perairan
d.
Meningkatkan kesuburan
tanah.
|
||||||||||||||||||||||
2
|
Menjelaskan
zat adiktif/psikotropika serta
pengaruhnya
bagi tubuh manusia
|
A
|
Berikut ini gangguan yang disebabkan
oleh zat Adiktif tertentu.
1). Gangguan Pengikatan Oksigen oleh darah
2). Gangguan saluran pencernaan.
3). Menyebabkan gangguan jantung
4). Mudah marah dan tersinggung
5). Menyebabkan impoten dan kemandulan
Dampak negatif yang ditimbulkan karena
merokok adalah……….
A. 1), 3), dan 5)
B. 1), 4), dan 5)
C. 2), 3), dan 4)
D. 3), 4),
dan 5)
|
||||||||||||||||||||||
3
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup.
|
C
|
Perhatikan
ciri-ciri organisme ini!
1.
Multi selluler 5.Autotrof
2.
Eukariotik 6. Bergerak bebas
3.
Saprofit 7. Berkembangbiak dengan spora
4.
Prokariotik
Organisme yang
tergolong ke dalam kingdom fungi memiliki ciri-ciri
....
a.
1,2,3, dan 4 c. 1,2,3, dan 7
b.
2,4,5, dan 6 d. 2,3,5, dan7
|
||||||||||||||||||||||
4
|
Mengelompokkan
makhluk hidup berdasarkan ciricirinya
|
A
|
Perhatikan
beberapa jenis tumbuhan berikut!
1.
Padi 5. Jambu
2.
Bayam 6.
Jeruk
3.
Jagung 7.
Bambu
4.
Pacar air
Andi dan
sopyan ingin mengelompokkan tumbuhan monokotil. Hasil pengelompokan yang tepat adalah....
a. 1, 3,
dan 7 c. 3, 6,
dan 7
b. 2, 5,
dan 6 d. 4, 5,
dan 6
|
||||||||||||||||||||||
5
|
Menjelaskan
interaksi antar makhluk hidup dalam
ekosistem
|
B
|
Perhatikan
jaring makanan berikut ;
Kelinci Serigala
Rumput Harimau
Kijang
Singa
Berdasarkan jaring
makanan di atas, interaksi yang terjadi antara harimau dan singa disebut ....
a.
Predasi c. Mutualisme
b.
Kompetisi d. Komensalisme
|
||||||||||||||||||||||
6
|
Menjelaskan
usaha-usaha manusia untuk mengatasi
pencemaran dan
kerusakan lingkungan.
|
D
|
Usaha yang paling tepat untuk mengkonservasi Raflesia arnoldi adalah ....
A.
Memeliharanya di
Hutan Raya Bogor
B.
Membudidayakannya
di kebun percobaan
C.
Memanfaatkannya
sebagai tanaman hias
D.
Menjaga di
habitat aslinya
|
||||||||||||||||||||||
7
|
Menjelaskan
hubungan antara kepadatan populasi
manusia dengan
kualitas lingkungan berdasarkan
hasil
pengamatan/kasus.
|
D
|
Dahulu
masyarakat memenuhi kebutuhan pangan dari hasil pertanian konvensional.
Namun, lama kelamaan sistem pertanian tradisional tidak mampu mengimbangi
laju kebutuhan pangan yang meningkat tajam seiring pertumbuhan penduduk. Oleh
karena itu, masyarakat beralih ke sistem pertanian moderen
terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara global.
Namun, di sisi lain sistem pertanian konvensional dapat mengakibatkan
permasalahan lingkungan seperti berikut, kecuali
....
a.
Merosotnya daya produktivitas lahan
b.
Pencemaran air tanah dan air permukaan
c.
Resistansi hama pengganggu tanaman
pertanian
d.
Terjamin keseimbangan rantai makanan
Berdasarkan
data jumlah penduduk di kota A terdapat peningkatan jumlah penduduk setiap
tahun, pertumbuhan populasi manusia yang semakin meningkat terhadap sumber
daya alam berdampak pada kecuali…
a.
menyempitnya lahan pertanian
b.
Berkurangnya ketersediaan air bersih
c.
Meningkatnya
kriminalitas
d.
Hilangnya habitat hewan dan tumbuhan tertentu
Peningkatan
jumlah penduduk berakibat pada pemanfaatan hutan menjadi pemukiman dan lahan
pertanian hal ini dapat menyebabkan
a.
ketersediaan air bersih mencukupi
b.
meningkatnya udara bersih di lingkungan
c.
semakin luasnya paru-paru bumi
d
menghilangnya jenis
flora dan fauna tertentu.
|
||||||||||||||||||||||
8
|
Menjelaskan
sistem peredaran darah pada
manusia/penyakit
yang berhubungan dengannya.
|
A
|
Perhatikan
gambar sistem peredaran darah pada manusia berikut ini!
9
7 8
6 5
10
Dari bagan di
atas urutan peredaran darah kecil adalah....
a.
3 – 7 – 9 – 8 – 2 c. 4 – 5 – 10 – 6 – 1
b.
4 – 2 – 8 – 9
– 7 d. 1 – 7 – 9 – 8 – 2
|
||||||||||||||||||||||
9
|
Menjelaskan
sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan
|
A
|
Hubungan yang benar antara
organ, enzim yang di hasilkan, dan fungsinya dalam tabel di bawah ini adalah
....
|
||||||||||||||||||||||
10
|
Menjelaskan
sistem pernapasan pada
manusia/penyakit
yang berhubungan dengannya.
|
C
|
Perhatikan bagian-bagian
tubuh yang berperan dalam proses pernapasan berikut!
1.
Alveolus
2.
Bronkiolus
3.
Tulang rusuk
4.
Otot diafragma
5.
Otot antartulang
rusuk
Bagian
tubuh yang berfungsi mengubah volume rongga dada saat bernapas ditunjukan
oleh nomor ....
a.
1, 2 dan 4 c. 3, 4 dan 5
b.
2 , 3 dan 4 d. 2, 4 dan 5
|
||||||||||||||||||||||
11
|
Menjelaskan
sistem gerak pada manusia/penyakit
yang
berhubungan dengannya
|
D
|
Perhatikan tabel berikut ini !
Pada tabel di atas, yang menunjukkan perbedaan antara otot rangka, otot
polos, dan otot jantung adalah.....
A.
1 dan 2
B.
2 dan 3
C.
3 dan 4
D.
1 dan 4
|
||||||||||||||||||||||
12
|
Menjelaskan
sistem ekskresi/reproduksi pada
manusia/penyakit
yang berhubungan dengannya.
|
C
|
Perhatikan gambar
berikut !
Reabsorbsi
zat-zat yang masih diperlukan oleh tubuh terjadi pada bagian nomor ….
A.
1 B. 2
C. 3 D. 4
|
||||||||||||||||||||||
13
|
Menjelaskan
sistem saraf/alat indera pada manusia.
|
A
|
Perhatikan gambar otak manusia berikut!
Bagian otak yang ditunjukan huruf Z berfungsi ....
|
||||||||||||||||||||||
14
|
Menjelaskan
struktur dan fungsi jaringan/ organ
pada tumbuhan
|
D
|
Perhatikan gambar irisan melintang batang tumbuhan
berikut ini!
Bagian yang berfungsi mengangkut air dan garam mineral dari akar ke daun
adalah nomor........
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
|
||||||||||||||||||||||
15
|
Menjelaskan
respons tumbuhan terhadap pengaruh
lingkungan
luar.
|
C
|
Perhatikan gambar !
|
||||||||||||||||||||||
16
|
Menjelaskan
proses fotosintesis melalui percobaan percobaan
tentang proses
tersebut.
|
B
|
Perhatikan gambar
proses fotosintesis berikut!
Gambar percobaan di atas
menunjukkan bukti bahwa fotosintesis ....
A. menghasilkan
amilum
B. menghasilkan
oksigen
C. memerlukan
oksigen dan air
D. memerlukan air dan amilum
|
||||||||||||||||||||||
17
|
Menjelaskan
pertumbuhan dan perkembangan pada
makhluk hidup.
|
B
|
Hewan berikut mengalami metamorfosis lengkap ...
A. Belalang
B. Kupu-kupu
C. Nyamuk
D. Capung
|
||||||||||||||||||||||
18
|
Memberi contoh
adaptasi makhluk hidup/seleksi
alam dalam
kelangsungan hidup makhluk hidup.
|
D
|
Pernyataan
berikut:
1. Mamalia laut sering
bergerak ke permukaan air untuk mengambil oksigen.
2. Herbivore mempunyai enzim selulase untuk
membantu pencernaannya.
3. Anak rayap, menjilati dubur rayap
dewasa untuk mendapatkan flagellate.
4. Orang yang hidup di dataran tinggi memiliki
hemoglobin lebih banyak.
Pernyataan
yang benar berkaitan dengan adaptasi fisiologi adalah nomor ...
a. 1 dan 2 c. 1
dan 3
b. 2
dan 3 d. 2 dan 4
|
||||||||||||||||||||||
19
|
Menginterpretasi
proses persilangan berdasarkan
hukum Mendel.
|
B
|
Persilangan
antara tanaman ercis berbiji bulat dengan tanaman ercis berbiji kerut
menghasilkan tanaman ercis (F1) berbiji bulat. Apabila F1 dibiarkan menyerbuk
sendiri, berapa persenkah F2 yang berbiji bulat heterozigot?
a. 25% c. 75%
b. 50% d.100%
|
||||||||||||||||||||||
20
|
Menjelaskan
pemanfaatan bioteknologi untuk
kehidupan
manusia.
|
C
|
Mikroorganisme yang berperan dalam
proses pembuatan tape adalah ....
a. Rhizopus oryzae c.
Saccharomyces cereviceae
b. Lactobacillus lactis d.
Monilia sitophila
|
0 komentar:
Posting Komentar