Sabtu, 14 April 2012


Standar Kompetensi : Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan.
Indikator :1. Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya bagi tubuh manusia dan lingkungannya
Indikator Soal : Peserta disik dapat menentukan dampak negative penggunaan zat aditif pada makanan
Soal :
1.      Dampak negatif yang ditimbulkan karena mengkonsumsi makanan yang mengandung boraks secara berlebihan dapat menyebabkan….
A.     Kanker, penyakit jantung, dan gangguan pencernaan
B.     Gangguan otak, hati, dan kulit
C.     Sesak napas, gatal-gatal, dan bengkak
D.    Kanker, tumor, dan gangguan pernapasan
Jawaban : B
Standar Kompetensi : Mendeskripsikan bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruhnya pada tubuh manusia dan lingkungan.

Indikator          : 2.   Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta pengaruhnya bagi tubuh manusia.
Indikator Soal :       Disajikan data ciri-ciri pengaruh  zat adiktif bagi kesehatan, peserta didik dapat menentukan ciri yang ditimbulkan oleh zat adiktif

2.      Perhatikan pernyataan berikut ini !
1. Hilangnya kesadaran dan ketergantungan
2. Timbulnya bercak-bercak merah pada kulit
3. Menurunnya kualitas pendengaran
4. Menimbulkan dehidrasi

Dampak yang ditimbulkan oleh ekstasi adalah …..
A.    1 dan 2
B.     2 dan 3
C.     3 dan 4
D.    4 dan 1
Jawabannya :D
Standar Kompetensi :  Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
Indikator                    :     3.  Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
Indikator Soal            :    Disajikan data ciri mahluk hidup, peserta didik dapat menentukan ciri kingdom plantae.
Soal     :
Perhatikan data berikut !
1.      Uniseluler
2.      Prokariotik
3.      Autotrof
4.      Multiseluler
5.      Eukariotik
6.      Heterotrof
Dari data tersebut ciri-ciri yang dimiliki oleh kingdom plantae adalah ….
A.    1, 2 dan 3
B.     2, 3 dan 4
C.     3, 4 dan 5
D.    3, 4 dan 6

Jawaban : C

Indikator                       : 4. Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya
Indikator Soal               :  Disajikan ciri-ciri organisme. Peserta didik dapat mengelompokkan hewan berdasarkan persamaan ciri-ciri yang dimilikinya.
Soal :
Perhatikan ciri-ciri organisme berikut!
1.      hidup di dua alam
2.      menyusui anaknya
3.      ovipar
4.      penutup tubuh sisik
Berdasarkan ciri-ciri organisme di atas, ciri-ciri yang dimiliki Amphibi adalah….
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
Perhatikan nama-nama hewan  berikut!
1. Ayam
2. Ikan mujair
3. Angsa
4. Penyu
Berdasarkan persamaan ciri-ciri yang dimiliki hewan di atas, hewan yang memiliki kekerabatan paling dekat adalah …
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 3 dan 4
Kunci : B


Standar Kompetensi : Mendeskripsikan komponenekosistem, interaksi antarmakhluk hidup dalam lingkungan, serta peran manusia dalam pengelolaan lingkungan
Indikator                    : 5.  Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem
Indikator Soal            : Disajikan jaring-jaring makanan. Peserta didik dapat memprediksi akibat jika populasi salah satu organisme berkurang.
Soal     :

Perhatiakan jaring-jaring makanan berikut :

                               Ulat                                      Burung
                                                                            pelatuk
      Padi                                                                                         Ular








 
                               Belalang                                Ayam

Jika Populasi ayam banyak yang mati karena serangan suatu penyakit maka....
a.       Populasi ular bertambah
b.      Populasi  burung bertambah
c.       Populasi belalang bertambah
d.      Populasi ulat berkurang
Jawaban : C

Indikator     :6.   Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
Indikator Soal :   Disajikan gambar bunga Raflesia. Peserta  didik dapat menentukan  tempat pelestarariannya

Perhatikan gambar tumbuhan langka dibawah ini!


a6d9cd9f733eddd2[1]
 









Bunga Raflesia yang dikenal langka  seperti gambar diatas, dilindungi dalam...
a.       Kebun raya
b.      Suaka marga satwa
c.       Taman nasional
d.      Taman wisata

Jawaban : A


Indikator    : 7.   Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus

Indikator Soal :Peserta didik dapat menentukan akibat  yang ditimbulkan oleh kepadatan penduduk  yang tinggi terhadap sumber daya alam.
Soal :

Akibat yang ditimbulkan oleh  kepadatan penduduk yang tinggi  terhadap sumber daya alam adalah....
a.  Air dan lahan semakin sulit diperoleh
b. Terjaminnya keseimbangan antar makanan
c.  Makin terpeliharanya pohon-pohon di hutan
d. Terciptannya stabilitas iklim dan suhu lingkungan

Jawaban : A

Indikator       :8. Menjelaskan sistem peredaran darah padamanusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
Indikator soal :  Dapat menyebutkan bagian darah  yang berfungsi mengangkut  sari makanan dalam tubuh

Bagian darah yang berfungsi mengangkut sari makanan dalam tubuh adalah...
a.       Leukosit
b.      Trombosit
c.       Eritrosit
d.      Plasma darah

Jawaban :  D

Standar Kompetensi : Menjelaskan sistem organ pada manusia.
Indikator                    : 9. Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan
Indikator Soal               : Disajikan gambar organ sistem pencernaan, siswa dapat menentukan menentukan organ yang menghasilkan enzim tripsin
Soal     :
Perhatikan gambar di bawah ini !
Enzim tripsin  dihasilkan oleh organ yang ditunjukkan nomor ... .
A.  1
B.  2
C.  3
D.  4
Jawaban : C
Indikator                    : 10. Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya
Indikator Soal  : Disajikan macam-macam penyakit pada manusia. Peserta didik dapat menentukan penyakit pernapasan mpada manusia

Soal     :
Berikut ini disajikan berbagai macam penyakit pada manusia
1.      Asma
2.      Appendiksitis
3.      Bronkitis
4.      Pneumonia
5.      Leukimia
Yang termasuk penyakit pernapasan pada manusia adalah …
A.    1, 2 dan 3
B.     1, 3 dan 4
C.     1, 3 dan 5
D.    1, 4 dan 5
Jawaban : B

Indikator       : Menjelaskan system gerak pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya
Indikator soal : Disajikan data nama-nama tulang, peserta didik dapat menentukan tulang  yang termasuk tulang pipa
Soal     :
 Perhatikan nama-nama tulang berikut ini
1.      Tulang betis
2.      Tulang pengumpil
3.      Tulang rusuk
4.      Tulang pergelangan tangan
5.      Ruas tulang punggung
Yang termasuk tulang pipa adalah….
a.       1 dan 2
b.      2 dan 3
c.       3 dan 4
d.      4 dan 5
Jawaban : A
Indikator: Menjelaskan system ekskresi pada manusia/penyakit yang berhubungan dengannya
Indikator soal: Disajikan gambar ginjal , peserta didik dapat menentukan bagian ginjal yang berfungsi dalam proses filtrasi darah
Soal                      :
Perhatikan gambar berikut








 







Proses filtrasi darah terjadi pada bagian yang bernomor…
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
Jawaban : A

Standar Kompetensi : Menjelaskan sistem organ padamanusia.
Indikator                    : 13  Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.
Indikator Soal            : Peserta didik dapat menjelaskan fungsi sel saraf motorik
Soal     :
Sel saraf motorik berfungsi membawa rangsang dari ….
A. Reseftor ke efektor
B. Indra ke saraf pusat
C. Sel saraf yang satu ke lainnya
D. Saraf pusat ke otot

Jawaban : D







Indikator                    :  14. Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organpada tumbuhan
Indikator Soal            : Disajikan gambar penampang melintang batang tumbuhan. Peserta didik dapat menjelaskan fungsi jaringan xilem
Soal :
Perhatikan gambar penampang melintang batang tumbuhan disamping ini
Bagian yang berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineral menuju daun ditunjukkan oleh nomor:
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4

Jawaban : C

Standar Kompetensi :  Menjelaskan sistem organ dalam kehidupan tumbuhan
Indikator                  :  15. Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar
Indikator Soal       : Disajikan ilustrasi mengenai gerak tumbuhan terhadap cahaya,  siswa dapat menentukan gerak  tropisme

Soal                           :
Ahmad meletakkan sebuah pot berisi bunga didekat jendela kamar. Setiap pagi sinar matahari pagi dapat menyeninari  ruangannya. Setelah beberapa minggu  tumbuhan tersebut ternyata mengalami perubahan arah tumbuh. Hal tersebut menunjukkan bahwa tumbuhan mengalami gerak...
a.       Fototropisme
b.      Kemotropisme
c.       Fototaksis
d.      Geotropisme

Jawaban : A














Indikator               : 16. Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan percobaantentang proses tersebut.
Indikator Soal: Disajikan reaksi kimia fotosintesis, siswa dapat melengkapi reaksi yang terlibat.
Perhatikan reaksi kimia fotosintesis berikut !
 (1)              Cahaya                          (2)
6CO2  +  .......                       C6H12O6   +   .....
                               Clorofil

Pernyataan yang tepat berdasarkan reaki di atas ?
a.       1 adalah oksigen (O2)
b.      1 adalah air  (H2O)
c.       2 dalaha air (H2O)
d.      2 adalah Glukosa

Jawaban : B

Standar Kompetensi : Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat
Indikator                     : 17.   Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
Indikator Soal             : Disajikan Gambar tahapan metamorphosis kupu-kupu, peserta didik dapat menentukan beberapa tahapan metamotfosis       :
Soal :
Perhatikan gambar tahapan metamorphosis kupu-kupu berikut !
Text Box: BText Box: A
Tahapan yang diberi kode A dan B berturut-turut adalah….
a.       Larva dan pupa
b.      Pupa dan Larva
c.       Imago dan pupa
d.      Imago dan larva
Jawaban: A
Indikator             : Memberi contoh adaptasi mahluk hidup/seleksi alam dan kelangsungan hidup mahluk hidup
Indikator soal              : Peserta didik dapat menentukan perilaku yang akan ditunjukkan oleh bunglon dalam upaya pertahanan diri
Soal                 :
Perilaku bunglon untuk me lindungi diri dari pemangsanya adalah….
a.       Memutuskan ekornya
b.      Mengelupas kulitnya
c.       Mengubah warna tubuhnya
d.      Menjulurkan lidahnya

Jawaban: C

Standar Kompetensi : Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
Indikator : 19.   Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan hukum Mendel.
Indikator Soal    : Disajikan contoh persilangan tanaman manga siswa dapat memprediksi kemungkinan perbandingan fenotif pada F1
Soal :

Perbandingan penotif pada keturunan pertama (F1) dari persilangan antara manga berbuah bulat dan rasanya manis (BBMM) dengan manga berbuah bulat dan rasanya masam  (Bbmm) adalah….
A.    100 % manga berbuah bulat dan rasanya manis
B.     50 % manga berbuah bulat dan rasanya manis, 50 % manga berbuah bulat dan rasanya masam
C.     75 % manga berbuah bulat dan rasanya manis, 25 % manga berbuah bulat dan rasanya masam
D.    100 % manga berbuah bulat dan rasanya masam

Jawaban : A






Standar Kompetensi : Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
Indikator                    : 20.  Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia
Indikator Soal       : Peserta didik dapat menentukan produk fermentasi dan mikroorganisme yang berperan di dalamnya

1.      Nama rganisme dan produk yang dihasilkan yang sesuai adalah ….

Mikroorganisme
Produk yang dihasilkan
A.
Aspergillus wentii
Tauco
B.
Rhizophus oryzae
Kecap
C
Lactobacillus casei
Yoghurt
D
Streptococcus lactis
Mentega
Jawaban : D

0 komentar:

Posting Komentar