SKL IPA BIOLOGI 2011/2012
N0
Kompetensi
|
Kompetensi
|
No Indikator
|
Indikator
|
7
|
Mendeskripsikan konsep atom, ion
dan molekul dihubungkan dengan
produk kimia sehari-hari
|
|
Mengidentifikasi atom, ion, unsur, atau molekul
sederhana serta penggunaannya pada produk kimia dalam kehidupan
sehari-hari.
|
8
|
Mendeskripsikan klasifikasi zat, sifa tsifat,
dan perubahannya
|
|
Menjelaskan sifat-sifat fisika dan atau kimia
berdasarkan
hasil percobaan
|
Menjelaskan perubahan fisika atau kimia
berdasarkan
hasil percobaan
|
|||
9
|
Mendeskripsikan bahan kimia dalam
kehidupan sehari-hari serta
pengaruhnya pada tubuh manusia dan
lingkungan.
|
1
|
Menjelaskan bahan kimia dan dampak negatifnya
bagi
tubuh manusia dan lingkungannya
|
|
|
2
|
Menjelaskan zat adiktif/psikotropika serta
pengaruhnya bagi tubuh manusia.
|
10
|
Mendeskripsikan ciri-ciri dan
keanekaragaman makhluk hidup, serta
pentingnya pelestarian makhluk hidup
dalam kehidupan.
|
3
|
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk
hidup.
|
|
|
4
|
Mengelompokkan makhluk hidup
berdasarkan ciricirinya
|
11
|
Mendeskripsikan komponen
ekosistem, interaksi antarmakhluk
hidup dalam lingkungan, serta peran
manusia dalam pengelolaan
lingkungan.
|
5
|
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam
ekosistem.
|
|
|
6
|
Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi
pencemaran dan kerusakan lingkungan.
|
|
|
7
|
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi
manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan
hasil pengamatan/kasus.
|
12
|
Menjelaskan sistem organ pada
manusia.
|
8
|
Menjelaskan sistem peredaran darah pada
manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
|
|
9
|
Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim
yang berperan pada proses pencernaan.
|
|
|
10
|
Menjelaskan sistem pernapasan pada
manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
|
|
11
|
Menjelaskan sistem gerak pada manusia/penyakit
yang berhubungan dengannya
|
|
|
12
|
Menjelaskan sistem ekskresi/reproduksi pada
manusia/penyakit yang berhubungan dengannya.
|
|
|
13
|
Menjelaskan sistem saraf/alat indera pada manusia.
|
13
|
Menjelaskan sistem organ dalam
kehidupan tumbuhan
|
14
|
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/ organ
pada tumbuhan
|
|
|
15
|
Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh
lingkungan luar.
|
|
|
16
|
Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaan
percobaan
tentang proses tersebut.
|
14
|
Mengaplikasikan konsep
pertumbuhan dan perkembangan,
kelangsungan hidup dan pewarisan
sifat pada organisme serta kaitannya
dengan lingkungan, teknologi dan
masyarakat.
|
17
|
Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan pada
makhluk hidup.
|
|
|
18
|
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup/seleksi
alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
|
|
|
19
|
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan
hukum Mendel.
|
|
|
20
|
Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk
kehidupan manusia.
|
Tugas Bedah SKL Ujian Nasional 2012
Oleh : Budiawansyah, S.Pd
Utusan : SMP Negeri 1 Alas
Petunjuk Umum
1.
Tulis lebih dahulu
nomor, nama peserta, asal sekolah dan paket
soal anda pada LJK yang tersedia.
2.
Jumlah soal 40 butir semuanya harus terjawab.
3.
Dahulukan soal-soal
yang anda anggap mudah.
4.
Kerjakan pada LJK
yang disediakan dengan pensil 2B
5.
Hitamkan lingkaran
pada salah satu huruf yang dianggap benar pada LJK.
6.
Tidak diperbolehkan
menggunakan kamus,
alpha link atau alat bantu hitung lainnya.
1. Dalam
kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan beberapa zat yang tergolong ke dalam unsur antara lain
... .
a. Garam,
gula, air c. Garam,
gula, karbon
b. Karbon, oksigen, hydrogen d. Karbon, oksigen, gula.
2.
Di
sediakan bahan tepung terigu, kuning telur, air, ragi, garam, gula,
susu,margarin,dan pengembang adonan. Bahan-bahan tersebut digunakan untuk membuat
roti. Setelah diolah, bahan-bahan tersebut
berubah menjadi roti yang sangat lezat. Perubahan yang terjadi termasuk
perubahan ....
a.
Ukuran c.
Kimia
b.
Fisika d.
Wujud
3.
Dampak negatif dari bahan kimia yang
terdapat dalam obat pembasmi serangga bagi lingkungan adalah....
a.
Menimbulkan iritasi kulit, mata, mulut,
dan tenggorokan
b.
Kematian organisme yang bermanfaat bagi
manusia
c.
Subur eceng gondok di permukaan perairan
d.
Mengakibatkan kulit kemerahan. Pedih,
dan kering.
4.
Methanil
yellow
sering ditambahkan kedalam tahu untuk mendapatkan warna kuning. Dampak negatif
penggunaan zat aditif tersebut terhadap kesehatan adalah ....
a.
Ginjal tidak mampu menyaring darah c. Kerusakan transmisi sistem saraf
b.
Kulit terasa terbakar d.
Mengakibatkan diare
5.
Seseorang yang mengalami sakau dengan
gejala-gejala berupa kram perut, diare, berkeringat dingin, menggigil , menggetar, merintih, dan sakit
kepala yang berkepanjangan. Dari ciri-ciri tersebut, dapat diduga orang
tersebut adalah penderita ....
a.
Penyakit leper akut c.
Ketergantungan zat psikotropika
b.
Penyakit fluburung d.
Penyakit AIDS
6.
Perhatikan ciri-ciri organisme ini!
1.
Multi selluler 5. Autotrof
2.
Eukariotik 6. Bergerak bebas
3.
Saprofit 7.
Berkembangbiak dengan spora
4.
Prokariotik
Organisme
yang tergolong kedalam kingdom fungi memiliki ciri-ciri ....
a.
1,2,3, dan 4 c. 1,2,3, dan 7
b.
2,4,5, dan 6 d. 2,3,5, dan7
7.
Perhatikan beberapa jenis tumbuhan
berikut!
1.
Padi 5. Jambu
2.
Bayam 6.
Jeruk
3.
Jagung 7.
Bambu
4.
Pacar air
Veni dan
sopyan ingin mengelompokkan tumbuhan berbatang rumput. Tumbuhan berbatang
rumput ditunjukkan oleh nomor ....
a.
1, 3, dan 7 c.
3, 6, dan 7
b.
2, 5, dan 6 d. 4, 5, dan 6
8.
Perhatikan jaring-jaring makanan berikut
;
Kelinci Serigala
Rumput Harimau
Kijang
Singa
Berdasarkan
rantai makanan di atas, interaksi yang terjadi antara harimau dan singa disebut
....
a.
Predasi c.
Simbiosis mutualisme
b.
Kompetisi d.
Simbiosis komensalisme
9.
Limba cair dari hotel yang di buang ke
sungai sangat meresahkan masyarakat karena selain berbau busuk, juga merusak
biota yang ada di sungai, tindakan yang paling efektif untuk mengatasi hal ini
adalah ....
a.
Menutup hotel yang beroprasi di sekitar
sugai
b.
Hotel dikenai denda atas pencemaran yang
ditimbulkan
c.
Memberi kompensasi pada masyarakat berupa
asuransi kesehatan
d. Hotel membuat bak-bak untuk mendaur ulang limbahnya
10.
Dahulu masyarakat memenuhi kebutuhan
pangan dari hasil pertanian konvensional. Namun, lama kelamaan sistem pertanian
tradisional tidak mampu mengimbangi laju kebutuhan pangan yang meningkat tajam
seiring pertumbuhan penduduk. Oleh karena itu, masyarakat beralih ke sistem
pertanian konvensional terbukti mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara
globa. Namun, di sisi lain sistem pertanian konvensional dapat mengakibatkan
permasalahan lingkungan seperti berikut, kecuali
....
a.
Merosotnya daya produktivitas lahan
b.
Pencemaran air tanah dan air permukaan
c.
Resistansi hama pengganggu tanaman
pertanian
d. Terjamin keseimbangan rantai makanan
11.
Perhatikan gambar sistem peredaran darah
pada manusia berikut ini!
9
7 8
6 5
10
Dari bagan di atas urutan peredaran
darah kecil adalah....
a.
3 – 7 – 9 – 8 – 2 c.
4 – 5 – 10 – 6 – 1
b.
4 – 2 – 8 – 5 – 10- 6 – 1 d. 1 – 7 – 9 – 8 – 2
12. Perhatikan nama-nama penyakit berikut :
1. anemia
2. leukemia
3. varises
4. hemofilia
5. arteriosklerosis
6. ambien
Penyakit
manakah yang berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah?
a.
1, 2 dan 4 c. 2, 4, dan 5
b.
1, 3 dan 6 d.
3, 5, dan 6
13. Hubungan yang benar antara organ, enzim yang di hasilkan,
dan fungsinya dalam tabel di bawah ini adalah ....
|
Organ
|
Enzim yang
dihasilkan
|
Fungsi enzim
|
a
|
Mulut
|
Ptialin
|
Amilum glukosa
|
b
|
Lambung
|
Pepsin
|
Protein glukosa
|
c
|
Pankreas
|
Lipase
|
Gliserol asam lemak
|
d
|
Usus halus
|
erepsin
|
Tripsinogen tripsin
|
14. Perhatikan bagian-bagian tubuh yang berperan dalam proses
pernapasan berikut!
1.
Alveolus
2.
Bronkiolus
3.
Tulang rusuk
4.
Otot diafragma
5.
Otot antartulang
rusuk
Bagian
tubuh yang berfungsi mengubah volume rongga dada saat bernapas ditunjukan oleh
nomor ....
a.
1 dan 2 c.
3 dan 4
b.
1 dan 3 d.
4 dan 5
15.
Berikut
adalah penyakit yang dapat mengakibatkan menurunnya
sistem
kekebalan tubuh seseorang . . . .
a.
herpes c.
gonore
b. AIDS
d.
sifilis
16.. Perhatikan
pernyataan berikut ini.
1. Meningkatkan
sekresi lipase di pankreas.
2. Memperlambat
gerakan peristaltik.
3. Mempercepat
denyut jantung.
4. Memperlebar pembuluh
darah.
5. Menurunkan
tekanan darah.
Pernyataan yang
merupakan kerja sistem saraf simpatetik ditunjukkan oleh nomor
a.
1, 2, 3 c. 2, 3, 4
b.
2, 4,
5 d. 3, 4, 5
17.
Pernyataan
berikut:
1. Mamalia laut sering
bergerak ke permukaan air untuk mengambil oksigen.
2. Herbivore mempunyai enzim selulase untuk
membantu pencernaannya.
3. Anak rayap, menjilati dubur rayap dewasa
untuk mendapatkan flagellate.
4. Orang yang hidup di dataran tinggi memiliki
hemoglobin lebih banyak.
Pernyataan yang benar berkaitan dengan adaptasi
fisiologi adalah nomor ...
a. 1 dan 2 c. 1
dan 3
b. 2
dan 3 d. 2 dan 4
18.
Persilangan
antara tanaman ercis berbiji bulat dengan tanaman ercis berbiji kerut
menghasilkan tanaman ercis (F1) berbiji bulat. Apabila F1 dibiarkan menyerbuk
sendiri, berapa persenkah F2 yang berbiji bulat heterozigot?
a. 25% c. 75%
b. 50% d.100%
19.
Perhatikan
gambar berikut. Kemanakah arah pertumbuhan bagian tunas daun kecambah tersebut?
a. naik ke arah R
b. menuju ke arah S
c. membelok ke arah T
d. lures ke arah U
20.
Mikroorganisme yang berperan dalam
proses pembuatan tape adalah ....
a. Rhizopus oryzae c.
Saccharomyces cereviceae
b. Lactobacillus lactis d. Monilia sitophila
0 komentar:
Posting Komentar